Kategori
Info

Standar Ketebalan Aspal HRS

Standar Ketebalan Aspal HRS – Dalam dunia konstruksi, ada material  bernama aspal. Aspal merupakan proses pencampuran antara material aspal dengan agregat baik kasar maupun halus. Selain itu pembuatannya kami lakukan dalam suhu yang sangat tinggi. Apabila suhu menurun, maka campuran beraspal yang kami buat tadi akan mengeras dan membentuk lapis permukaan perkerasan. Material aspal ini menjadi salah satu pilihan utama yang kami pergunakan sebagai lapis permukaan. Karena material tersebut memiliki sifat plastis dan terletak di dalam keadaan baik dalam suhu normal. Tetapi dalam suhu panas, material tersebut akan melunak dan berkurang tingkat kepadatannya.

Jasa Pengaspalan Jakarta

081910263557

Aspal ini bisa kita bedakan berdasarkan jenis campurannya, antara lain:

  1. Latasir (Lapis tipis aspal pasir)

Lapis tipis aspal pasir. Yang biasa kami sebut dengan sand sheet (SS) ini kami letakkan pada jalan yang memiliki beban lalu lintas ringan. Terutama pada daerah di mana agregat kasar sulit kami dapat.

  1. Lataston (Lapis tipis aspal beton)

Lapis tipis aspal beton atau biasa juga kami sebut hot rolled sheet (HRS).  Yaitu campuran beraspal panas yang kami buat dari agregat dengan gradasi senjang, mencakup aspal, agregat kasar, agregat halus dan filler.

  1. Laston (Lapis aspal beton)

Lapis aspal beton atau biasa kami sebut asphalt concrete (AC). Jenis aspal ini merupakan lapis permukaan yang terdiri dari lapis aus, lapis antara dan lapis pondasi. Lapis aspal beton ini kami gunakan pada lalu lintas yang tinggi.

Ketebalan Aspal HRS

Yang akan kami bahas kali ini adalah lataston, atau hot rolled sheet. Seperti yang kami jelaskan di atas. Lataston merupakan perkerasan jalan raya yang terbuat dari berbagai macam campuran, dari aspal, agregat dan filler. Bahan-bahan tersebut kami campur, hamparkan dan padatkan pada suhu dan kondisi tertentu. Yang mana ketebalannya harus berada di antara 2,5 cm hingga 3 cm. Lataston atau HRS ini biasanya kami gunakan pada jalan dengan beban lalu lintas yang sedang.

Konstruksi perkerasan pada lataston terbuat dari dua macam campuran, yaitu:

  1. Lataston (HRS) Wearing Course 

Jenis lataston ini dipakai untuk lapis aus pada permukaan aspal. HRS WC mempunyai 2 jenis campuran. Yaitu HRS WC bergradasi senjang dan HRS WC bergradasi semi senjang. Kedua gradasi agregat dalam campuran HRS WC ini hampir sama, dengan  gradasi agregat. Yang mana ukuran agregat yang ada kurang lengkap atau ada fraksi agregat yang tidak ada atau juga totalnya sedikit sekali. 

  1. Lataston (HRS) Base

Jenis lataston ini dipakai untuk lapis pondasi, ukuran maksimum agregat campuran adalah 19mm, lapis pondasi ini merupakan pondasi permukaan, pada struktur jalan berada di bawah lapis aus, meski lapis base ini tidak mempunyai kontak langsung dengan beban yang ada di atas, tetapi lapisan ini menahan beban lebih berat dibanding lapis aus yang ada di atasnya.

Sebenarnya, lapis base ini mempunyai beberapa alternatif campuran beraspal panas, yaitu lataston (HRS) base dan laston (AC) base, keduanya mempunyai jenis gradasi yang berbeda, yang mana HRS base bergradasi senjang dan AC base bergradasi menerus. HRS base yang bergradasi senjang memerlukan agregat halus lebih banyak dibandingkan AC base, tetapi karena agregat halus sulit didapat, maka biaya yang akan dikeluarkan untuk membuat campuran HRS base lebih besar jika dibandingkan dengan AC base.

Jasa Pengaspalan

Untuk informasi seputar pengaspalan, anda bisa klik di sini.

Tentu kami juga akan menawarkan sesuatu yang spesial soal jasa pengaspalan. Kami telah membuka jasa ini lebih dari belasan tahun, pengalaman dan jam terbang kami sudah cukup layak untuk dikatakan berkualitas, jangan ragukan kualitas yang kami punya. Standar ketebalan aspal HRS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.