Kategori
Info

Tiga Jenis Retak pada Aspal Jalan dan Penyebabnya

Keretakan jalan banyak dilihat di jalan-jalan di sekitar kita. Bentuk dari keretakannya macam-macam. Mungkin karena jalan yang sering dilalui kendaraan berat, aspal jalan yang sudah lama tidak diperbaiki, atau kualitas aspal yang dikerjakan jasa pengaspalan jalan tidak memenuhi spesifikasi.

Keretakan yang sering dilalui oleh para pengguna jalan dapat berubah menjadi lubang. Ketika menjadi lubang, keselamatan pengguna jalan semakin terancam. Untuk itu, perlu mengetahui jenis-jenis keretakan yang ada pada aspal jalan. Sehingga, dalam proses jasa pengaspalan jalan dari kontraktor aspal hotmix dapat dicegah dengan memperhatikan penyebab dari keretakan tersebut.

retak aspal jalan

Berikut adalah tiga jenis retak pada aspal jalan dan penyebabnya.

  1. Retak Sambungan Bahu dan Perkerasan

Jenis keretakan yang di dalam bahasa Inggris disebut edge joint crack ini berbentuk retak memanjang, pada sambungan bahu dengan perkerasan. Yang menjadi penyebab dalam edge joint crack adalah kondisi drainase di bawah bahu jalan lebih buruk daripada perkerasan jalan itu sendiri. Penyebab lainnya adalah penyusutan material bahu jalan atau material perkerasan jalan. Bisa juga disebabkan banyaknya kendaraan bertonase tinggi yang melewati jalan tersebut.

  1. Retak Sambungan Jalan

Retak sambungan jalan atau (lane joint crack), seperti retakan sebelumnya, bentuknya memanjang. Hanya saja, retak jenis ini ada pada sambungan di antara dua lajur jalan. Retak jenis ini disebabkan oleh tidak adanya sambungan yang kuat di antara dua lajur jalan. Jika tidak segera diperbaiki, butir-butir agregat aspal akan terlepas dan air dapat meresap masuk ke lapisan yang dapat menyebabkan lubang jalan.

  1. Retak Sambungan Pelebaran Jalan

Retakan pada pelebaran jalan atau widening cracks adalah retak yang memanjang yang terjadi pada sambungan perkerasan lama dan perkerasan yang baru saja diperlebar. Perbedaan daya dukung tanah dan stabilnya tanah adalah penyebab jenis keretakan ini. Cara untuk memperbaiki keretakan jenis ini adalah dengan mengisi celah-celah yang timbul dengan campuran aspal cair dan pasir.

Perbaiki Jalan Anda dengan Jasa Pengaspalan Jalan yang Tepat

Dari berbagai keretakan di atas, dapat diketahui selain perkerasan yang buruk, pemilihan agregat untuk aspal juga dapat menjadi penyebab timbulnya keretakan-keretakan pada aspal jalan. Untuk itu, perlu keahlian dan pengalaman dari kontraktor berpengalaman seperti kontraktor pengaspalan jalan Bogor agar dapat melakukan perbaikan perkerasan jalan dengan agregat dan material terbaik. Dengan begitu, tidak perlu lagi ada perbaikan jalan di masa depan. Karena jalan yang diperbaiki akan awet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.